Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

25 Contoh Soal PJOK Kelas 12 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Beserta Jawaban(PG&Essay)~Part6

25 Contoh Soal PJOK Kelas 12 Semester 2 Kurikulum 2013 Edisi Revisi Beserta Jawaban(PG&Essay)~Part6 SMA/MA/SMK/MAK Edisi Revisi Terbaru - Soal Penjas Orkes kelas XII semester genap bagian keenam, merupakan bagian terakhir dari materi soal yang diambil dari Bab 3, "Kebugaran Jasmani". Dan merupakan lanjutan 25 contoh soal PJOK sebelumnya (latihan soal pilihan ganda nomor 1-10). Berbeda dengan butir soal sebelumnya yang berbentuk pilihan ganda, untuk bagian ke-6 ini berbentuk essay/uraian.

Selain itu, bagi siswa kelas 10 dan 11 yang mencari referensi belajar online/belum membaca postingan dengan materi mengenai kebugaran jasmani, bisa membaca postingan admin sebelumnya, diantaranya: soal essay kelas X semester 2 tentang kebugaran jasmani dan juga soal essay kelas XI semester 2 kebugaran jasmani (senam lantai dan gerak berirama).

Lanjut ke soal essay kelas 12 semester 2......

Di mulai dari pertanyaan nomor 11, berikut dibawah ini soal-soal penjaskes dilengkapi kunci jawabannya.

11. Mengevaluasi derajat daya ledak dapat dilakukan dengan tes loncat tegak. Sebutkan tujuan melakukan tes loncat tegak!
Jawaban: tes loncat tegak bertujuan untuk mengukur daya ledak atau tenaga eksplosif tungkai.

12. Sebutkan upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan unsur daya ledak!
Jawaban: upaya dalam meningkatkan unsur daya ledak dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut.
- meningkatkan kekuatan tanpa mengabaikan kecepatan atau menitikberatkan pada kekuatan
- meningkatkan kecepatan tanapa mengabaikan kekuatan atau menitikberatkan pada kecepatan.
- meningkatkan kedua-duanya sekaligus, kekuatan dan kecepatan dilatih secara simultan.

13. Jelaskan langkah-langkah melakukan evaluasi derajat daya ledak melalui tes loncat tegak!
Jawaban: berikut langkah-langkah melakukan evaluasi derajat daya ledak melaui tes loncat tegak.
a. Sikap permulaan
Ujung jari peserta diolesi dengan serbuk kapur. Peserta berdiri tegak dekat dinding, jari kaki rapat, papan skala berada di samping kiri atau kanannya. Kemudian tangan yang dekat dinding diangkat lurus ke atas, telapak tangan ditempelkan pada papan berskala sehingga meninggalkan bekas raihan jarinya.
b. Gerakan
Peserta mengambil awalan dengan sikap menekukkan lutut dan kedua lengan diayun ke belakang. Kemudian peserta meloncak setinggi mungkin sambil menepukkan papan dengan ujung jari sehingga menimbulkan bekas. Lakukan tes ini sebanyak 3 kali tanpa istirahat atau diselingi oleh peserta lain.
c. Pencatatan hasil
- catat raihan tegak
- ketiga raihan loncatan dicatat
- raihan loncatan dikurangi raihan tegak
- ambil nilai selisih raihan yang tertinggi.

14. Adapun dalam mengembangkan daya ledak, beban latihan tidak boleh terlalu berat, jelaskan alasannya!
Jawaban: dalam mengembangkan daya ledak, beban latihan tidak boleh terlalu berat, sehingga gerakan yang dilakukan dapat berlangsung cepat dan frekuensinya banyak.

15. Lari jarak 40 meter dan 60 meter merupakan salah satu bentuk latihan….
Jawaban: kecepatan

16. Latihan lari menuruni bukit untuk melatih kecepatan frekuensi….
Jawaban: gerak kaki

17. Jelaskan cara melakukan lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter!
Jawaban:
- Siswa berdiri di belakang garis start dengan sikap badan tegak dan kedua kaki dibuka.
- Kedua tangan di samping badan dengan sikap berdiri, salah satu ujung jari kaki sedekat mungkin dengan garis start (aba-aba bersedia)
- Pada aba-aba “siap” siswa mengambil sikap start berdiri siap untuk berlari.
- Pada aba-aba “ya” siswa lari secepat mungkin menuju garis finish atau menempuh jarak 40-60 meter.
- Apabila siswa mencuri start atau menggangu lintasan lain maka tes harus diulang.
- Pengukuran waktu dilakukan pada saat bendera diangkat (saat aba-aba “ya”) sampai siswa dapat melintasi garis finish.

18. Angkat beban merupakan salah satu bentuk latihan….
Jawaban: daya ledak otot

19. Jelaskan pelaksanaan tes lari bolak-balik!
Jawaban: pelaksanaan tes lari bolak-balik adalah sebagai berikut.
- Pada aba-aba “bersedia”, atlet berdiri di belakang garis lintasan.
- Pada aba-aba “siap”, atlet berlari dengan start berdiri.
- Setelah aba-aba “ya”, atlet segera berlari ke garis kedua.
- Atlet berdiri dari garis pertama ke garis kedua dan kembali ke garis pertama hitungannya satu kali.
- Pelaksanaan lari sampai empat kali bolak-balik sehingga menempuh jarak 40 meter.
- Catat waktu yang ditempuh.

20. Sebutkan bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan daya ledak (power)!
Jawaban: bentuk-bentuk latihan untuk meningkatkan daya ledak (power) sebagai berikut.
- Melompat dengan dua kaki (double leg bound).
- Melompat dengan kaki secara bergantian.
- Lompat jongkok.
- Lompat dua kaki dengan boks.

21. Lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter memerlukan perlengkapan, sebutkan!
Jawaban: lari cepat dengan jarak 40 dan 60 meter memerlukan perlengkapan sebagai berikut.
- Lintasan yang lurus, datar, rata, tidak licin, berjarak 40-60 meter.
- Bendera start, peluit, stopwatch, serbuk kapur, formulir tes, alat tulis.

22. Sebutkan contoh lari dengan beban!
Jawaban: lari dengan beban, yaitu melakukan gerakan lari dengan tubuh diberi beban. Contohnya berlari dengan menarik parasut dan berlari dengan menarik tali karet yang terikat.

23. Sebutkan tujuan melakukan tes lari membentuk angka 8 (shuttle run)!
Jawaban: tes lari membentuk angka 8 bertujuan untuk mengukur akselerasi dan kelincahan tiap peserta.

24. Kemampuan menempuh suatu jarak dalam waktu yang sesingkat-singkatnya disebut….
Jawaban: kecepatan/speed

25. Kemampuan seseorang untuk dapat mengubah arah dengan cepat dan tepat pada waktu bergerak tanpa kehilangan keseimbangan disebut….
Jawaban: kelincahan

Posting Komentar

© MasDapodik. All rights reserved. Distributed by ASThemesWorld