Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Panduan Install Aplikasi Dapodik Versi 2021

Panduan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2021

Panduan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2021

Data Pokok Pendidikan adalah salah satu sistem pendataan yang dikelola oleh  Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, guru  dan  tenaga  kependidikan,  dan  substansi  pendidikan  yang  disebut sebagai  entitas  data,  dan  terus  menerus  diperbaharui  secara  daring.    Hasil pengumpulan data melalui Dapodik menjadi dasar diterbitkannya data statistik pendidikan  yang  memberikan  akses  informasi  kepada  para  pemangku kepentingan.

Sistem  pendataan  Dapodik  pada  tahun  ajaran  2020/2021 mengembangkan pembaruan Aplikasi Dapodik versi terbaru yang diberi nama versi  2021.  Secara  sistem,  pembaruan  versi  2021  disiapkan  untuk  dapat memenuhi  kebutuhan  pemanfaatan  data  di  semester  ganjil  ini.  Aplikasi Dapodik versi 2021 dikemas dalam bentuk installer. 

Pembaruan yang paling menonjol pada versi 2021 di antaranya penggabungan antara Dapodikdasmen dengan Dapo PAUD-Dikmas, penambahan  fitur  tarik  data  pada  proses  sinkronisasi  untuk  menurunkan perubahan data yang terjadi di server ke lokal, perubahan proses bisnis untuk perekaman  GTK  baru,  perubahan  proses  bisnis  untuk  penambahan  dan perbaikan akun GTK, penonaktifan kurikulum 2006 (KTSP), dan perbaikan-perbaikan lainnya. 

Alur Penggunaan Aplikasi Dapodik

Panduan Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2021

INSTALASI APLIKASI DAPODIK 

Persiapan Instalasi Aplikasi Dapodik
1)  Spesifikasi Komputer 
Spesifikasi komputer yang direkomendasikan, yaitu: 
a)  prosesor Intel Core i3 atau yang setara; 
b)  memori standar 4GB DDR3; 
c)  hard drive 120 GB SSD/500 GB HDD; 
d)  sistem operasi Windows 10; 
e)  aplikasi  terpasang  peramban  web  seperti  google  chrome,  mozilla firefox, atau opera. 

2)  Kode Registrasi dan Akun Petugas Pendataan 
Sebelum memulai proses instalasi Aplikasi Dapodik Versi 2021, pastikan sekolah sudah memiliki kode registrasi dan akun yang akan digunakan dalam proses  instalasi.  Kode  registrasi  diperoleh  melalui  Admin  Dinas  Pendidikan Kab/Kota  untuk  jenjang  PAUD-Dikmas/SD/SMP,  dan  Admin  Dinas Pendidikan Provinsi untuk jenjang SLB/SMA/SMK. 

3)  Unduh Aplikasi Dapodik 
Aplikasi  Dapodik  Versi  2021  saat  ini  tersedia  dalam  bentuk  file  installer yang  merupakan  hasil  perbaikan  dan  pembaruan  dari  aplikasi  versi sebelumnya.  Untuk  mengunduh  Aplikasi  Dapodik  Versi  2021,  lakukan langkah-langkah sebagai berikut: 
a)  buka laman https://dapo.kemdikbud.go.id 
b)  klik menu Unduhan 
c)  klik Unduh Installer 

4)  Generate Prefill Aplikasi Dapodik 
Generate prefill merupakan tahapan untuk mengambil  data sekolah dari server agar dapat diregistrasi di Aplikasi Dapodik secara offline (dalam bentuk file .prf). Generate prefill merupakan data sekolah hasil sinkronisasi terakhir. 
Untuk  meningkatkan  keamanan  dari  segi  pengguna,  saat  ini  proses generate  prefill  dapat  dilakukan  setelah  petugas  pendataan  memasukkan username, password yang benar dan kode registrasi Aplikasi Dapodik yang aktif. 
Sebelum  masuk  ke  dalam  pembahasan  mengenai  langkah-langkah melakukan  generate  prefill,  sebaiknya  petugas  pendataan  mengetahui terlebih dahulu ketentuan-ketentuan umum, antara lain:  
Selengkapnya mengenai Panduan Aplikasi Dapodik 2021 ini dapat anda unduh dalam format PDF melalui tautan dibawah ini:

Cara Instal Aplikasi Dapodik Versi 2021

Pertama anda harus uninstal terlebih dahulu Aplikasi Dapodik Versi sebelumnya yaitu Versi 2020 kemudian restart komputer anda.


1. Klik kanan pada file Aplikasi Dapodik Versi 2021 yang telah anda download sebelumnya, kemudian pilih Run as Administrator.


2. Kemudian akan keluar tampilan pertama proses instalasi, perhatikan gambar dibawah ini :


3. Klik tombol Lanjut dan ikuti instruksi yang ada. 

4. Tunggu hingga proses installasi Dapodik selesai, kemudian akan keluar notifikasi seperti dibawah ini.

5. Klik tombol Selesai dan lakukan Restart komputer atau laptop yang digunakan sebelum melakukan registrasi Dapodik.

Cara Registrasi Dapodik Versi 2021

Registrasi Dapodik Versi 2021 bisa dilakukan dengan 2 cara, yaitu Offline dan Online, berikut adalah langkah-langkah:

A. Registrasi Dapodik Versi 2021 Secara Online

1. Buka Aplikasi Dapodik Versi 2021 dengan cara double klik icon Dapodik di desktop atau ketik localhost:5774 di browser, maka akan keluar tampilan seperti gambar dibawah ini :


2. Pada pilihan Jenis Registrasi pilih Online, kemudian ketikan Kode Registrasi, Username / Email, dan Password. Jika semuanya sudah di isi dan dipastikan bernar, silahkan klik tombol Submit. Tunggu hingga proses Registrasi Online selesai.


B. Registrasi Dapodik Versi 2021 Secara Offline

1. Download terlebih dahulu Prefill Dapodik dengan mengunjungi laman https://dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id/unduhan.

2. Klik Tab Data Prefill dan pilih Provinsi domisili anda, kemudian akan keluar link generate Prefill seperti gambar berikut :


3. Pilih link generate prefill yang tersedia kemudian akan keluar halaman generate prefill seperti gambar berikut :


4. Isikan Username / Email, Password dan Kode Registrasi kemudian klik tombol generate dan tunggu hingga proses generate prefill selesai.
5. JIka prefill sudah di Download, Copy prefill tersebut dan letakkan pada direktori C tepatnya di folder C:\prefill_dapodik\file prefill disini.
6. Masukkan Kode Registrasi, Username / Email, dan Password seperti pada registrasi Online diatas.



Sekian informasi mengenai Panduan Install Aplikasi Dapodik Versi 2021, semoga dapat membantu anda dalam instalasi Dapodik Versi 2021.