Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Aplikasi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

5 Aplikasi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

5 Aplikasi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Pembelajaran jarak jauh telah menjadi norma baru dalam pendidikan sejak penutupan sekolah sebagai respons terhadap pandemi Covid-19, dan para guru telah beradaptasi dengan bantuan beberapa aplikasi online.

Berikut ini adalah 5 Aplikasi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh yang dapat membantu ketika Guru tidak bisa bertatap muka secara langsung dengan siswa.

5 Aplikasi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

5 Aplikasi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

1. Flipgrid: Flipgrid adalah aplikasi online gratis yang memungkinkan siswa dan guru merekam video pendek secara online. Guru dapat dengan mudah membuat akun dan kemudian membuat ruang kelas dan mengundang siswa untuk bergabung.

Mirip dengan Google Classroom, siswa dapat bergabung dengan ruang kelas melalui kode yang dibagikan.
Dari sana, guru dapat membuat soal untuk ditanggapi siswa melalui video. Pengaturan dapat diatur untuk hanya guru saja yang dapat melihat tanggapan atau siswa dapat melihat dan menanggapi video satu sama lain.

Flipgrid adalah aplikasi komunikasi lisan yang mudah digunakan. dapat diadaptasi untuk hampir semua kelompok umur atau bidang studi secara efektif.

5 Aplikasi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

2. WeVideo: Editor video online dengan fitur gratis dan berbayar, WeVideo telah menawarkan peningkatan gratis ke akun berbayar khusus untuk guru dan siswa selama masa pandemi Covid 19.

WeVideo adalah aplikasi yang dapat diikuti oleh para guru dan siswa melalui akun Google, dan aplikasi ini juga dapat menautkan dan mengunggah langsung ke Google Drive.
Guru juga dapat membuat kelas dalam aplikasi dan meminta siswa bergabung dengan kelas mereka melalui kode khusus.
Program ini memudahkan siswa dan guru untuk berbagi tugas satu sama lain.

5 Aplikasi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

3. Google Forms: Aplikasi ini sering digunakan untuk mengumpulkan informasi dalam berbagai konteks (survei, kuis, dll.). Fitur kuisnya dapat diaktifkan untuk memblokir pengguna dari membuka jendela lain. Google Forms juga menawarkan penilaian otomatis untuk tes pilihan ganda.

Google Forms mudah digunakan dan gratis jika Anda memiliki akun G Suite. Ini adalah cara yang bagus untuk memastikan siswa berada di jalur yang benar dan untuk memungkinkan mereka cara anonim untuk berbagi umpan balik dengan Anda sebagai guru.

5 Aplikasi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh
4. Google Meet: Google Meet untuk mengirimkan materi pelajaran secara langsung atau, tergantung pada tingkat kelas, untuk merekam pelajaran dan kemudian mempostingnya ke Google Classroom.

Salah satu fitur favorit Google Meet adalah terdapat pilihan bagi siswa untuk menunjukkan wajah mereka, atau hanya suara saja. Terdapat juga fitur obrolan di bilah sisi jika mereka ingin berkomunikasi melalui tulisan.

Guru (atau siswa) dapat membagikan layar mereka untuk dilihat oleh semua peserta serta mencatat pertemuan. Guru dapat merekam semua pelajaran harian dan kemudian memposting rekamannya ke Google Classroom.

5 Aplikasi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

5. Google Classroom: Aplikasi populer ini memungkinkan para guru untuk membuat forum online untuk berbagi kurikulum, berita, atau pelajaran kursus serta platform untuk menetapkan, mengumpulkan, dan memberikan umpan balik pada pekerjaan siswa.

Pada dasarnya, Google Classroom menjadi alat manajemen kelas online di mana para siswa dapat dengan mudah mengakses pelajaran secara terorganisir.

Demikian sedikit tulisan admin tentang 5 Aplikasi Untuk Pembelajaran Jarak Jauh, semoga dapat menambah inspirasi bagi para guru diseluruh Indonesia.